Lupakan Keburukan Seseorang dan Ingatlah Kebaikannya


Setiap manusia diciptakan dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga kita tidak bisa hidup sendirian. Melainkan membutuhkan interaksi dengan orang lain.
Akan tetapi, dalam interaksi tersebut tak jarang pula muncul konflik atau kesalahpahaman yang menyebabkan renggangnya suatu hubungan.
Baik itu hubungan pertemanan, persahabatan, persaudaraan, atau lainnya.
Meskipun kata maaf sudah saling terucap, tetapi keretakan tersebut membuat adanya jarak di antara kita. Ingin seperti dulu lagi, tapi sungkan.
Lalu, apa yang harus kita lakukan?😉😊
 ⏬
Pertama, lupakan keburukannya dan ingatlah kebaikannya. Biasanya kebaikan seseorang terhadap kita jauh lebih banyak dibandingkan dengan keburukannya. Hanya saja, terkadang kita hanya fokus pada satu kesalahannya dan mengabaikan kebaikannya selama ini. 
Kedua, ingatlah bahwa manusia tidak pernah luput dari kesalahan. Jadi, maafkanlah kesalahannya. Bukankah sebaik-baik manusia yang mau memaafkan kesalahan orang lain? 
Ketiga, jika orang tersebut berbuat keburukan terhadapmu, janganlah membalas dengan keburukan yang sama, tetapi balaslah dengan kebaikan. Hal ini akan membuat orang tersebut sadar dan menjadikan kita sebagai teman setianya.
Keempat, janganlah memaksa melupakan peristiwa itu dalam waktu singkat. Hal ini karena semakin kamu ingin cepat melupakannya, justru kamu akan semakin teringat dengan kejadian tersebut. Jadi, biarkan mengalir saja dan seiring berjalannya waktu kita tidak terlalu mempermasalahkan kejadian tersebut.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar